BPS Kota Bengkulu Adakan Sosialisasi Survei Penilaian Integritas (SPI) 2019

Bengkulu – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bengkulu mengadakan Sosialisasi Survei Penilaian Integritas (SPI) 2019 Kota Bengkulu, Senin (30/9/2019) di Splash Hotel Bengkulu. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama BPS Kota Bengkulu dengan Inspektorat Kota Bengkulu dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dijelaskan Dyah Anugrah Kuswardani, Kepala BPS Provinsi Bengkulu, SPI sendiri merupakan Survei yang dilakukan terhadap Institusi untuk memetakan dan mencegah korupsi. Hal ini juga sesuai dengan adanya kebutuhan diagnostik untuk memetakan capaian upaya pemberantasan korupsi yang telah dilakukan oleh OPD Pemda Kota Bengkulu.

“Survei ini akan dilakukan selama 1 bulan yaitu tanggal 30 september sampai dengan 31 oktober 2019. Di Kota Bengkulu ada 6 Lokus yang akan di survei, yaitu di Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Badan Pendapatan Daerah Kota Bengkulu, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, serta Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Kota Bengkulu,” ujar Dyah.

Sementara itu, ada 5 item yang akan disurvei dalam kegiatan ini, yaitu Praktik Suap/Gratifikasi, Praktik Korupsi pada Pengadaan Barang dan Jasa, Whistleblowing System, Praktik Jual Beli Jabatan dan Praktik Penggelembungan Anggaran.

Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi pun mengaku sangat mendukung adanya SPI, karena kegiatan ini merupakan bentuk Mitigasi Pencegahan dari perilaku Korupsi. Karena selain penindakan, KPK juga harus melakukan sosialisasi upaya pencegahan. Karena pencegahan lebih penting dari penindakan.

“Ini upaya untuk berbenah dan ingin ada perubahan yang lebih baik. Apalagi sekarang adalah eranya keterbukaan. Kita berharap hasil yang dikeluarkan nanti juga dapat menjadi acuan kita untuk menyusun program pencegahan korupsi dan peningkatan integritas di lingkungan Pemda Kota Bengkulu,” pesan Dedy.

Turut hadir dalam acara ini perwakilan 6 OPD yang akan menjadi Lokus dalam SPI 2019, Sahudin PLt Inspektur Kota Bengkulu, dan Husnan Kepala BPS Kota Bengkulu.

685 total views, 1 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *