Pesan Senator Riri : Tak Diatasi, Sampah Plastik Bisa Jadi Masalah Sukseskan Wonderfull Bengkulu 2020

Bengkulu – Indonesia diperkirakan menghasilkan 64 juta ton sampah setiap tahun. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), komposisi sampah didominasi oleh sampah organik, yakni mencapai 60% dari total sampah.

Sampah plastik menempati posisi kedua dengan 14% disusul sampah kertas 9% dan karet 5,5%. Sampah lainnya terdiri atas logam, kain, kaca, dan jenis sampah lainnya.

Anggota Komite II DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, perlu ada solusi terdapat persoalan sampah dan polusi karena bumi harus dijaga habitatnya agar tidak mewariskan kondisi alam yang mengenaskan kepada generasi di masa mendatang.

“Terutama Bengkulu, salah satu penghasil sampah yang cukup besar, harus ada solusi untuk mengatasinya. Jika tidak, kondisi alam akan hancur, kesuburan akan berkurang sebab sampah plastik sulit untuk dihancur leburkan,” kata Riri Damayanti kepada media, Rabu (11/12/2019).

Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu ini mengatakan, sampah plastik merupakan permasalahan yang belum dapat diatasi dengan baik meskipun sudah terdapat program pengelolaan yang diterapkan secara masif.

Untuk itu, Senator Muda ini berharap, Bengkulu dapat belajar dari Jerman, Jepang dan Swedia tentang penanganan masalah sampah plastik termasuk meminimalisir dampak buruk terhadap lingkungan.

“Jepang adalah salah satu penangan sampah yang terbaik di dunia. Kita harus belajar dari sana, bagaimana pengelolaan sampah dan bagaimana mengatasinya,” ungkap Riri Damayanti.

“Dimulai dari cinta dan kasih sayang kita, membuang sampah dari tempatnya, memunggut sampah yang ada didepan kita, itu penting kalau kita cinta terhadap kesehatan dan lingkungan kita,” tambah Riri Damayanti.

Selain dampak lingkungan, sampah plastik juga berisiko menekan kegiatan perekonomian Indonesia. Sebab, berdasarkan buku saku Kementerian Pariwisata, sektor pariwisata RI menyumbang 9% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) tahun 2014.

“Apalgi sebetar lagi kita akan memasuki Wonderfull 2020, tentu kita akan menyambutnya dengan baik. Persoalan sampah, harus segera diselesaikan,” demikian Riri Damayanti.

Untuk diketahui, Komite II DPD RI merupakan alat kelengkapan DPD RI. Komite Ii DPD RI memiliki tugas konstitusional untuk memperhatikan urusan daerah diantaranya mengenai Pertanian dan Perkebunan, Perhubungan, Kelautan dan Perikanan, Energi dan Sumber daya mineral, Kehutanan dan Lingkungan hidup, Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan dan Daerah Tertinggal, Perindustrian dan Perdagangan, Penanaman Modal, dan Pekerjaan Umum.

835 total views, 2 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *