Senator Riri Ingin Dana APBN Provinsi Bengkulu Optimalkan Potensi SDA

Bengkulu – Menjelang akhir tahun, permasalahan terkait tugas dari Komite II DPD RI belumlah selesai. Senator muda Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief akan terus berjuangan hingga aspirasi masayarakat dapat terpenuhi dan menuju masyarakat adil dan makmur sesuai amanat Undang – Undang Dasar 1945.

Senator Riri mengatakan, sebagai pemegang amanah rakyat, secara prinsip ia akan terus memperjuangkan aspirasi masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsinya di komite II.

“Ada sejumlah pekerjaan yang harus diselesaikan. Misalnya mendorong energi dan sumber daya mineral agar dapat digarap lebih maksimal. Kedepan harus dipastikan bahwa dana-dana APBN yang ditransfer ke daerah benar-benar efektif untuk mendorong pengelolaan sumberdaya alam agar dikelola dengan maksimal yang diperuntuklam kesejahteraan masyarakat, terutama Bengkulu,” ungkap Riri Damayanti kepada media, Senin (29/12/2019).

Disamping itu, Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu ini menjelaskan, Bengkulu mempunyai potensi yang luar biasa yang mampu digarap lebih maksimal, baik dari sektor pernian, perkebunan, perdagangan, kelautan, perdagangan dan sektor lainnya.

Misalnya sektor perikanan, saat ini potensi sumber daya ikan yang bisa dimanfaatkan dengan baik hanya 50 ribu ton dari ukuran potensi lestari yang dilaporkan 5 tahun terakhir yaitu sebesar 126 ribu ton.

“Masih ada 50 ribu ton ikan lagi yang belum termanfaatkan dengan baik. Tahun 2020 kita harap, pemerintah dapat membuka peluang usaha bagi investor ataupun nelayan untuk memaksimalkan produktivitas perikanan maritim baik melalui tangkap dan budidaya,” jelas Riri Damayanti.

Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur ini juga mengatakan, tak kalah penting adalah pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan daerah tertinggal.

“Pembangunan ekonomi daerah tertinggal adalah penting untuk segera diatasi. Pemerintah daerah mesti menyentuh dan masyarakat bisa terlibat secara aktif agar kita bisa keluar dari ketertinggalan dan lebih maju, sejajar dengan daerah-daerah maju lainnya,” demikian Riri Damayanti.

Untuk diketahui, Komite II DPD RI merupakan alat kelengkapan DPD RI. Komite II DPD RI memiliki tugas konstitusional untuk memperhatikan urusan daerah diantaranya mengenai Pertanian dan Perkebunan, Perhubungan, Kelautan dan Perikanan, Energi dan Sumber daya mineral, Kehutanan dan Lingkungan hidup, Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan dan Daerah Tertinggal, Perindustrian dan Perdagangan, Penanaman Modal, dan Pekerjaan Umum.

189 total views, 1 views today

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *