BI Bengkulu Terus Tingkatkan Pengguna QRIS Lewat Pekan QRIS Nasional

Bengkulu – Semenjak peluncurannya, Bank Indonesia selalu aktif mensosialisasikan tujuan hingga manfaat penggunaan QRIS. Sebagai langkah untuk memperluas dan meningkatkan pengguna QRIS, Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu menggelar Pekan QRIS Nasional 202, kamis (12/03).

Joni Marsius, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bengkulu mengungkapkan sebagai standar QR code untuk pembayaran di Indonesia, QRIS membawa berbagai kemudahan. Melalui QRIS merchant termasuk pelaku usaha UMKM dapat mengunakan model pembayaran secara non-tunai dengan hanya 1 macam QR Code. Dengan satu QR Code, bisa menerima pembayaran dari aplikasi penyelenggara manapun, baik dari bank atau non-bank.

Melalui QRIS kemajuan segala sektor mulai dari UMKM termasuk sektor pariwisata akan dapat terdorong, yang tentunya akan mempercepat akses keuangan bagi pelaku usaha sehingga dapat membantu aktivitas perekonomian.

Selain itu, QRIS juga akan mengurangi kesulitan merchant dalam menyediakan uang kecil untuk kembalian. Menghilangkan potensi kerugian akibat penerimaan pembayaran menggunakan uang palsu. Hasil penjualan tercatat otomatis dan uangnya langsung tersimpan di bank serta dapat dimonitor setiap saat melalui aplikasi.

Untuk itulah Joni berharap agar masyarakat dan pelaku UMKM di Bengkulu bisa menggunakan QRIS untuk pembayaran non tunai.

“Melalui pekan QRIS dan kegiatan precoaching clinic ini kami ingin mengenalkan lebih dekat lagi bagaimana penggunaan sistem pembayaran non tunai berbasis teknologi 4.0 ini,” kata Joni dalam sambutannya.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *