Senator Riri Ajak Korban PHK Daftar Program Kartu Pra Kerja Gratis

Bengkulu – Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) telah membuat banyak perusahaan mengalami kerugian dan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap para pekerjanya.

Anggota DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief menuturkan, cepatnya penyebaran Covid-19 memberikan banyak dampak terhadap kehidupan rakyat. Misalnya dengan penerapan physical distancing, ekonomi melaju dengan lambat karena manusia lebih banyak melakukan aktifitas di rumah.

“Untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah telah menyediakan program Kartu Prakerja. Mereka yang terkena dampak PHK karena Pandemi Corona bisa memanfaatkan program yang sangat baik ini,” kata Riri Damayanti, Rabu (15/4/2020).

Untuk diketahui, pendaftaran program ini telah dibuka pada Sabtu, 11 April 2020 kemarin. Untuk mendapatkan Kartu Prakerja dan tunjangan yang akan disalurkan beberapa persyaratan harus terpenuhi.

Syarat itu di antaranya adalah warga negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah boleh mendaftar.

“Dari Kementerian Ketenagakerjaan mensyaratkan bahwa mereka yang terdaftar adalah korban PHK yang dirumahkan tidak menerima gaji penuh, pekerja harian yang terdampak usahanya dan prioritas kartu ini adalah untuk pengangguran muda,” Riri Damayanti menjelaskan.

Untuk pendaftaran, setiap calon penerima Kartu Prakerja harus masuk ke situs prakerja.go.id dan membuat akun dengan memasukan NIK, nomor ponsel dan alamat email, lalu verifikasi.

Setelah verifikasi calon peserta akan mengikuti tes.

Jika lulus, peserta akan diminta untuk memilih jenis pelatihan di Mitra Platform Digital Resmi lalu ikuti prosesnya untuk mengikuti pelatihan.

Setelah mengikuti pelatihan, peserta akan menerima sertifikat elektronik, memberikan ulasan dan rating terhadap pelatihan sebagai syarat untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp600 ribu per bulan selama 4 bulan setelah menyelesaikan pelatihan.

Peserta akan mendapatkan insentif tambahan Rp150 ribu untuk setiap survei yang diselenggarakan setelah pelatihan. Total akan ada tiga survei.

“Adik sanak yang di Bengkulu saya ajak untuk memanfaatkan program ini. Siapapun yang membaca pesan ini, sosialisasikan seluas-luasnya kepada tetangga dan kerabat. Mudah-mudahan adik sanak di Bengkulu yang memang layak mendapatkan bisa pegang kartu ini,” harap Riri Damayanti.

Ketua Bidang Tenaga Kerja, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga BPD HIPMI Provinsi Bengkulu ini meminta kepada pemerintah untuk memperbesar alokasi anggaran untuk program ini sehingga pada tahap berikutnya seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan pekerjaan yang layak dan manusiawi.

“Sudah menjadi amanat konstitusi bahwa negara harus menjamin seluruh kesejahteraan rakyatnya. Sekarang mungkin untuk melawan Corona, tapi next, kita ingin ini menjangkau semua prakerja hingga mereka dapat kerja dan kebutuhannya selama belum mendapatkan kerja bisa terpenuhi,” demikian Riri Damayanti.

Data terhimpun, pelaksanaan program ini dikerjasamakan oleh pemerintah dengan beberapa platform digital seperti Tokopedia, Ruang Guru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, dan Pijar.

Pembayaran pelatihan dilakukan via BNI, OVO, Gopay, dan Link Aja.

Bila mengalami kesulitan mendaftar, setiap Senin-Jumat dari pukul 08.00-19.00 WIB calon peserta bisa menghubungi call center di nomor 021-25541246 dan e-mail di info@prakerja.go.id.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *