Pasca Covid-19, Pelaku Usaha Harus Didampingi Pemerintah

Bengkulu, bisnisbengkulu.com – Pandemi Covid-19 bagi para pelaku usaha dan industri di Provinsi Bengkulu jelas telah melumpuhkan sebagian besar mata pencaharian mereka.

Atas kondisi ini Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah untuk memerintah jajaran agar memberikan kontribusi nyata bagi para pelaku industri dan UMKM, tidak hanya dalam hal support pendanaan.

Lebih jauh lanjut Menteri Agus Gumiwang, pemerintah daerah juga diharapkan mampu mendorong geliat perekonomian para pelaku perindustrian dan UMKM, terlebih pasca pandemi Covid-19 ini berakhir.

“Berkaitan dengan new normal pasca berakhirnya Covid-19, Pemda bersama jajaran perindustrian harus bisa mengangkat kembali geliat usaha  industri ini,” jelas Menteri Agus Gumiwang pada Virtual Meeting Opening Aparatur Industri, di Ruang VIP Pola Pemprov Bengkulu, Selasa (19/05).

Selain itu, tujuan Bimtek Aparatur Industri merupakan upaya transfer knowledge dari pusat ke daerah. Sehingga penanganan dan pendampingan industri pasca Covid-19 bisa membuat perekonomian kembali stabil. 

Terlebih kedepan ada 2 negara besar industri manufaktur yaitu Jepang dan Amerika yang akan memberikan insentif bagi perusahaan untuk keluar dari (ketergantungan) Cina.

Ini menjadi peluang bagi Indonesia untuk mengembangkan industri manufaktur di Indonesia.

“Pemda diharapkan mampu menangkap peluang ini agar kita tidak ketinggalan kereta. Memulihkan industri kita secara bersama sama,” pungkas Menteri Agus Gumiwang.

Asisten II Setda Provinsi Bengkulu Yuliswani mengatakan, upaya menyelamatkan pelaku industri dan UMKM Bengkulu, Gubernur Bengkulu telah melakukan upaya nyata, seperti dengan membeli produk UMKM dan industri kecil menggunakan anggaran APBD yang telah direfocusing. 

Yang kemudian produk tersebut disampaikan kepada masyarakat yang terdampak langsung Covid-19 tersebut, seperti kepada tukang parkir, tukang sapu jalan dan lain sebagainya.

“Menghidupkan geliat ekonomi industri dan UMKM di Bengkulu, Pemprov Bengkulu telah melakukan penanganan seperti yang diinstruksikan Pak Gubernur” ucap Asisten II Setda Provinsi Bengkulu Yuliswani usai mengikuti jalannya Virtual Meeting. (rilis)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *