Senator Riri Yakin Penguatan Koperasi Solusi Dimasa Pandemi

Bisnisbengkulu.com – Di tengah pengepungan tentara Belanda yang ingin kembali menjajah Indonesia, di Tasikmalaya pada tanggal 12 Juli 1947 pergerakan koperasi di Indonesia mengadakan Kongres Koperasi.

Pemerintah kemudian menetapkan tanggal 12 Juli sebagai Hari Koperasi Indonesia. Lembaga koperasi pun berkembang pesat di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, menjadi menjadi tulang punggung sekaligus salah satu pilar utama ekonomi nasional hingga saat ini.

Di tengah keprihatinan ekonomi nasional yang sempat lesu karena pandemi covid-19, Senator muda Indonesia asal Bengkulu, Hj Riri Damayanti John Latief mengajak segenap warga masyarakat untuk kembali menghidupkan semangat koperasi.

“Penguatan koperasi adalah salah satu solusi bagus untuk menghadapi pandemi. Rakyat Indonesia perlu bekerja sama nggak cuma dalam soal pentingnya mencegah corona, tapi juga bagaimana keluar dari krisis ekonomi yang sempat muncul pas musim PSBB kemarin,” kata Riri Damayanti mengenai Hari Koperasi Indonesia 2020 secara tertulis kepada media ini.

Ketua Bidang Tenaga Kerja, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga BPD HIPMI Provinsi Bengkulu ini menjelaskan, hambatan terbesar yang banyak dihadapi koperasi untuk menggenjot setiap usaha anggota yang tergabung di dalamnya adalah ketiadaan modal.

“Soal modal ini memang penting. Tapi nggak melulu harus mengandalkan bantuan pemerintah. Modal koperasi itulah yang seharusnya dikelola dengan kreatif agar bisa berkembang dan mensejahterakan anggota. Kalau memang bermanfaat, lama-lama pemerintah juga akan bantu. Minimal dijadikan teladan untuk koperasi yang lain,” ungkap Riri Damayanti.

Tapi Ketua Umum Pemuda Jang Pat Petulai ini tetap meminta kepada kementerian terkait agar tetap memberikan dukungan penuh berupa fasilitas, memberikan bantuan-bantuan, keringanan pajak, dan pendidikan yang masih bagi seluruh anggota koperasi di Indonesia.

“Koperasi yang dikelola dengan baik sudah terbukti bagus manfaatnya untuk memperbaiki ekonomi rakyat. Ada banyak usaha kecil jadi menengah karena koperasi. Ada juga usaha menengah jadi besar karena koperasi. Makanya saya bilang tadi, koperasi ini ampuh untuk menghadapi pandemi,” demikian Riri Damayanti.

Data terhimpun, peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) 2020, Ahad (12/7/2020), bakal dilaksanakan di tengah keprihatinan bangsa yang masih mengalami pandemi Covid-19 mengambil tema “Mewujudkan Ekonomi Rakyat yang Berdaulat Bersama Anggota yang Sehat dan Koperasi yang Kuat.”

Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) merilis bahwa Hari Koperasi tahun ini akan disederhanakan sesuai dengan standar protokol penanganan covid-19.

Koperasi memiliki kedudukan yang sangat kuat di Indonesia melalui Undang-Undang No.12 Tahun 1967 yang menyebutkan koperasi adalah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial, beranggotakan orang-orang atau badan hukum dengan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama serta berdasarkan asas kekeluargaan. (rilis)

 1,567 total views

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *