Pemerintah Terus Percantik Objek Wisata Pantai Panjang

Bisnisbengkulu.com – Optimalisasi penataan bangunan kawasan pesisir objek wisata Pantai Panjang Kota Bengkulu segmen 2 dilanjutkan. Hal ini merupakan upaya yang terus dilakukan untuk menjadikan objek wisata nyaman dan aman bagi wisatawan.

Pemerintah provinsi (pemprov) Bengkulu bersama Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bengkulu, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia(PUPR RI), hari ini resmi launching Peletakan Batu Pertama/ Titik Nol Pekerjaan Penataan Bangunan Pantai Panjang yang dilakukan langsung oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Sabtu (18/07).

Kegiatan proyek Penataan Kawasan Pesisir Pantai Panjang (Segmen 2) ini di kerjakan oleh PT. Persada Bhakti Mandiri selaku pemenang tender.

Gubernur Rohidin mengatakan, dari sisi pembangunan dan manfaat seharusnya proyek segmen 2 yang didanai anggaran APBN ini awalnya akan dikerjakan hingga di depan Hotel Raffles City Kota Bengkulu. Namun akibat dampak pandemi Covid-19, pembangunan hanya dilakukan hingga depan Hotel Kemuning Mercusuar Kota Bengkulu dengan anggaran APBN senilai 9,8 milyar rupiah lebih.

“Sama halnya dengan segmen pertama, penataan tidak terlalu banyak mengubah bentuk alamnya sehingga tetap bisa difungsikan sebagai kawasan out bound, wisata keluarga dan sebagainya,” jelas Gubernur Rohidin.

Selain itu lanjut Gubernur Rohidin, terkait keberadaan tempat berjualan pedagang yang saat ini masih terkesan semrawut, pada tahapan selanjutnya akan dilaksanakan penataan pedagang dengan melibatkan Pemda Kota Bengkulu.

“Maka nanti akan lanjutkan tahapan kedua, dari Pemprov dibicarakan dengan Pemda Kota karena UMKM dibawah Kota. Berapa kebutuhan dan dimana tempatnya, nanti bisa dimusyawarahkan dengan pedagang,” pungkas Gubernur Rohidin.

Dikatakan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bengkulu Daniel Kurdi Sangle, pekerjaan pelaksanaan segmen 2 ini telah dilakukan kontrak pada 14 Juli 2020.

“Adapun kegiatan ini terdiri dari pekerjaan landscape, kios, gazebo, mushallah, toilet dan pekerjaan pergola,” ungkapnya.

Untuk diketahui, penataan kawasan Pantai Panjang Kota Bengkulu merupakan program pemerintah pusat yang digawangi Kementrian Pekerjaan Umum, Ditjen Cipta Karya sejak tahun 2018 lalu.

Penataan kawasan ini sebagai bentuk dukungan geliat pariwisata di Provinsi Bengkulu. Hingga tahun 2020, Kementrian PU sudah membangun fasilitas wisata seperti Taman Wisata Pantai Berkas dan Taman Wisata Pasir Putih Pantai Panjang Segmen 1. (rilis)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *