Senator Riri Ingin Pemerintah Perhatikan Masa Depan Anak Ditengah Pandemi

Bisnisbengkulu.com – Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli. Peringatan ini telah dilakukan sejak tahun 1984 setiap 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, Hj Riri Damayanti John Latief menuturkan, di tengah pandemi, kondisi anak-anak patut mendapatkan perhatian serius.

“Anak terlindungi, Indonesia maju. Selamat Hari Anak Nasional 2020. Masa depan kita semua ada dalam kebaikan yang kita tanamkan kepada anak-anak Indonesia di masa kini,” kata Riri Damayanti.

Kakak Pembina Duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN Provinsi Bengkulu ini menjelaskan, pentingnya peran anak-anak di masa depan tersebut, membutuhkan perlindungan ekstra dalam rangka menjamin pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental dan sosial sang anak secara utuh.

“Di masa pandemi ini tentunya tantangannya lebih besar dari biasanya. Semoga momen Hari Anak tahun ini bisa jadi ajang bagi kementerian dan lembaga pemerintah terkait untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak Indonesia untuk menjadi sosok yang cakap dan berkualitas,” ungkap Riri Damayanti.

Berdasarkan data terhimpun, hingga pertengahan Juli 2020, angka positif Covid-19 didominasi oleh kelompok usia dewasa, di mana jumlah anak tercatat hanya 8,1 persen dari jumlah angka keseluruhan positif Covid-19.

“Tapi jelas pandemi sangat berdampak bagi anak-anak karena mereka tergolong kelompok yang rentan. Mereka yang terjankit terpaksa harus diisolasi dan dipisahkan dari orang tuanya. Sekali lagi tolong berikan yang terbaik untuk anak-anak kita,” demikian Riri Damayanti.

Untuk diketahui, berdasarkan Hasil Proyeksi Penduduk Indonesia Tahun 2019 oleh Badan Pusat Statistik (BPS), 79,47 juta jiwa penduduk di Indonesia adalah anak-anak atau sekitar 29,77% dari total populasi.

Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Pada saat seperti inilah peran keluarga, terutama orang tua sangat penting bagi perlindungan kesehatan anak di masa pandemi. Protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan dengan baik demi mencegah meluasnya penularan Covid-19.

Pemerintah juga diharapkan perlu menyusun tatanan kehidupan normal baru atau “new normal” sesuai dengan kebutuhan dasar tumbuh kembang anak karena hal tersebut akan menentukan kualitas generasi bangsa Indonesia di masa depan. (rilis)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *