Senator Riri Bangga Jadi Kader Pramuka

Bisnisbengkulu.com – Hari ini merupakan hari yang spesial menurut Hj Riri Damayanti John Latief. Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia yang juga Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu ini turut larut dalam peringatan Hari Pramuka, Jumat (14/8/2020).

Hj Riri Damayanti John Latief menjelaskan, Pramuka merupakan organisasi kepanduan penting yang terdapat di seluruh dunia yang memandu setiap remaja untuk terampil, tangkas, mandiri dan punya nilai-nilai moral baik yang terpelihara.

“Pramuka adalah organisasi istimewa buat saya. Saya sudah suka sejak namanya, Praja Muda Karana atau jiwa muda yang gemar berkarya. Kata ini juga yang menginspirasi saya untuk menetapkan tagline pemuda bangkit, Bengkulu hebat. Selamat Hari Pramuka buat seluruh pelajar Indonesia,” kata Riri Damayanti.

Anggota Kaukus Perempuan Parlemen RI itu menjelaskan, di masa pandemi covid-19, eksistensi Pramuka sebagai organisasi sedemikian penting dalam menunjang upaya pemerintah melakukan pembelajaran jarak jauh.

“Salut buat Kakak Rio Ashadi selaku Pengurus Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang telah meluncurkan program Pramuka di rumah dengan memanfaatkan Zoom, YouTube, dan Instagram sesuai tren milenial. Mudah-mudahan program ini bisa dimanfaatkan oleh Pramuka Bengkulu dan seluruh Pramuka di tanah air,” harap Riri Damayanti.

Kakak Pembina Duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN Provinsi Bengkulu ini mengaku telah banyak keluhan orang tua yang kewalahan memberikan pendidikan kepada anak-anaknya selama pandemi covid-19.

“Ada saja kendalanya. Biaya kuota mahal, nggak punya HP, anak sulit dikontrol dan banyak lagi. Jadi kehadiran program Pramuka di rumah di tengah situasi ini menjadi solusi, pemerintah daerah harus menyambut baik program ini,” ajak Riri Damayanti.

Dewan Penasehat DPD Generasi Anti Narkotika Nasional (GANN) Provinsi Bengkulu juga mengingatkan Pramuka untuk aktif mencegah penggunaan Narkoba di kalangan remaja.

“Ajak seluruh teman-teman gabung di Pramuka agar bisa mengasah ketangkasan dan keterampilan supaya dalam kehidupan berikutnya mereka bisa tampil prima di masyarakat, saling bekerja sama dalam menyelesaikan masalah, punya jiwa tolong menolong yang tinggi, berdisiplin, bertanggung jawab dengan tugas-tugas. Untuk ikut Pramuka tidak kata terlambat,” papar Riri Damayanti.

Tanggal 14 Agustus 2020 ini merupakan hari 59 tahun Pramuka. Berbagai tantangan zaman telah terbentang di depan organisasi yang telah diinisiasi sejak era pra kemerdekaan ini.

Kebudayaan dekaden, cabul, hedon, yang menembus masuk melalui celah-celah teknologi informasi dan internet telah membentuk nilai-nilai baru di kalangan remaja Indonesia.

Kian menjauhnya generasi muda dengan amalan agama membuat seks bebas, balap liar, pesta miras, dan sederet persoalan lainnya harus membuat pemerintah bekerja lebih keras untuk mengarahkan generasi mudanya agar Indonesia selamat di masa yang akan datang.

“Teknologi ini tidak bisa dikesampingkan. Yang terpenting sekarang adalah Pramuka harus tampil menguasai teknologi dan memanfaatkannya untuk menyebarkan nilai-nilai kepribadian unggul yang tertempa melalui gerakan ini,” demikian Riri Damayanti.

Peringatan Hari Pramuka di Bengkulu sendiri berlangsung dengan khidmat. Kamis, 13 Agustus 2020, Kwarda Bengkulu menggelar Upacara Ziarah Makam Pahlawan.

Lalu tadi malam, Gubernur Bengkulu H Rohidin Mersyah memimpin langsung Ulang Janji dan Renungan Hari Pramuka di Markas Kwarda Pramuka Bengkulu.

Lalu pagi ini, di Halaman Markas Kwarda Pramuka Bengkulu digelar Apel Besar Hari Pramuka ke-59 Tahun 2020. (rilis)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *