Kontes Ikan Cupang di Bengkulu, Meriah

Bisnisbengkulu.com – Ikan cupang yang merupakan salah satu jenis ikan hias memiliki potensi pasar yang cukup besar, beberapa daerah di Indonesia telah mengembangkan peluang usaha ini.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Kelautan dan Perikanan melirik peluang ini sebagai salah satu upaya mengdongkrak pertumbuhan ekonomi di Bumi Rafflesia.

“Ikan cupang ini memiliki pasar eksport yang cukup besar. Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan dan Sulawesi sudah memanfaatkan peluang pasar ini untuk meraih devisa negara, ini akan sangat berpotensi mengdongkrak ekonomi bila diterapkan pula di Bengkulu,” ujar Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu Dr. Anzori Tawakal, ST. M.Si, saat membuka Pemeran Aquatic dan Kontes Nasional Ikan Cupang 2020 yang memperebutkan piala Gubernur Bengkulu, Sabtu (19/9).

Beliau menambahkan, gagasan program budidaya ikan hias tidak akan sulit direalisasikan di Bengkulu mengingat letak geografis dan bentang alam yang sangat mendukung.

“Daerah kita ini terdiri dari tujuh wilayah pesisir dan wilayah daratnya ada tiga. Kita punya laut, punya sungai dan danau semua itu berpotensi sebagai tempat pengembangan berbagai jenis ikan hias, termasuk diantaranya ikan cupang,” yakin Anzori. (rilismcprovinsi)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *