Senator Riri Minta Pancasila Selalu Tertanam Dalam Sanubari

Bisnisbengkulu.com – Hari ini 55 tahun yang lalu, pemerintahan Presiden Sukarno yang dikenal dekat dengan blok sosialis Rusia dan Tiongkok digulingkan setelah peristiwa yang dicatat sejarah Orde Baru sebagai Gerakan 30 September 1965 (G30S). Seiring pemusnahan kaum komunis keesokannya, Orde Baru kemudian memperingati 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief menuturkan, Pancasila sebenarnya merupakan ideologi paling relevan di dunia untuk melenyapkan pandemi covid-19.

“Karena dalam Pancasila terkandung semangat persatuan, solidaritas, dan gotong-royong. Ini sangat dibutuhkan menghadapi pandemi global covid-19. Coba kupas sila-silanya. Lima sila ini kalau diterapkan cukup untuk mengembalikan situasi dunia kembali normal seperti sebelum pandemi,” kata Riri Damayanti, Kamis (1/10/2020).

Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Pengembangan Kelembagaan BKMT Dewan Masjid Indonesia Provinsi Bengkulu ini menuturkan, sila ketuhanan mengajarkan bangsa Indonesia untuk menyerahkan seluruh urusan-urusan sesuai dengan kehendak dan perintah Allah subhanahu wa ta’ala, termasuk dalam menghadapi pandemi.

“Wabah ini ujian, mengingatkan manusia bahwa Allah berkuasa atas segalanya. Dengan wabah ini manusia mau tidak mau, suka tidak suka, harus meningkatkan kualitas hidupnya dengan kebersihan, kesucian dan lain-lain yang di dalam Islam dikenal dengan keimanan dan ketakwaan,” sebut Riri Damayanti.

Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu ini menjelaskan, demikian pula sila kedua, ketiga, keempat dan kelima.

“Peduli sesama, menjaga semangat kebersamaan, bersikap empati, saling membantu, saling berbagi, taat kepada anjuran pemerintah untuk jaga jarak, pakai masker, dan sebagainya ini semua adalah nilai-nilai Pancasila,” ungkap Riri Damayanti.

Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur tak menafikan bahwa untuk mengimplementasikan Pancasila yang menjadi dasar negara tersebut membutuhkan kerja keras dan banyak energi.

“Makanya saya dan teman-teman di MPR RI sepakat bahwa nilai-nilai ini harus terus disampaikan kepada semua warga tanpa terkecuali, supaya yang belum tahu menjadi tahu, yang tahu mau mengamalkan, dan yang sudah mengamalkan bersedia untuk menyampaikan kepada yang lain,” imbuh Riri Damayanti.

Kakak Pembina Duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN Provinsi Bengkulu ini berharap Hari Kesaktian Pancasila 2020 dapat menjadi momen untuk meningkatkan kesadaran ber-Pancasila di tengah-tengah masyarakat.

“Selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Mari hidupkan Pancasila dalam keseharian, jangan hanya di lisan. Dengan Pancasila insya Allah Indonesia selamat dari pandemi,” tutup Riri Damayanti. (rilis)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *